Sabtu, 30 Mei 2020

Perawatan Burung Derkuku





Derkuku sudah sejak lama menjadi salah satu burung yang digemari oleh penghobi burung khususnya para penghobi burung agungan dan kelangenan.
Daya tarik burung ini terletak pada suara agungan yang sangat syahdu jika didengarkan dan diresapi sehingga bisa membawa aura ketenangan jiwa bagi orang-orang yang sudah bisa menikmati suara agungan burung derkuku.

Bagaimanakah metode perawatan burung Derkuku? 

Dalam tulisan ini kita akan coba uraikan bagaimanakah metode perawatan burung derkuku yang baik sehingga burung derkuku merasa nyaman. Dengan terciptanya suasana yang yaman, maka burung derkuku akan semakin rajin manggung atau berbunyi.

Untuk menikmati suara derkuku yang baik pertama-tama kita pastikan dulu burung derkuku yang akan kita pelihara berjenis kelamin jantan, karena burung jantanlah yang rajin berbunyi dibandingkan burung betina.

Setelah kita pastikan mendapat burung jantan kita persiapkan sangkar untuk menempatkan burung derkuku. Ukuran sangkar usahakan sesuaikan dengan ukuran burung yang akan menghuninya agar burung merasa nyaman dan bulu-bulu tidak rusak. 
Tempatkan pula cepuk pakan dan minum yang nantinya akan kita isikan pakan dan air untuk kebutuhan si burung derkuku.

Jika semua persiapkansudah semua terpenuhi, kita masuk dalam metode perawatan harian burung derkuku.

Sama seperti perawatan burung kicau, derkuku juga perlu dijemur dan dimandikan agar burung mendapatkan nutrisi dan terjaga kesehatannya. Untuk penjemuran derkuku cukup 2 jam saja dengan catatan cuaca cerah dan sinar matahari yang didapatkan maksimal. setelah dijemur angin-anginkan burung ditempat yang sejuk. Lakukan metode penjemuran ini setiap hari dengan catatan cuaca mendukung.

oh iya untuk waktu penjemuran mulai dari jam 7 sampai jam 8 pagi atau dari jam 8 sampai jam 10 pagi.... (maaf kelupaan hehehehehe)

Kebersihan sangkar juga harus diperhatikan agar kesehatan burung tetap terjaga, selalu kontrol tempat pakan dan minum kalau pakan habis segera diisi, tempat minum yang kotor dibersihkan dan diisi air yang baru. 

Gimana? mudah kan cara perawatan derkuku???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar